Dokter anestesi merupakan dokter spesialis yang bertanggung jawab untuk memberikan anestesi atau pembiusan kepada pasien yang hendak menjalani prosedur bedah atau operasi dan prosedur medis lainnya.
Dokter anestesi merupakan bagian dari tim bedah yang bekerja sama dengan dokter bedah dan perawat. Tindakan anestesi yang dilakukan dokter spesialis ini berupa pemberian obat-obatan sedatif dan antinyeri agar pasien tertidur dan tidak merasakan nyeri selama prosedur operasi.
Secara garis besar, tanggung jawab dokter anestesi antara lain:
Dokter anestesi memiliki tugas baik sebelum operasi, saat operasi berlangsung, dan setelah operasi. Berikut penejalasannya:
Tanggung jawab dokter anestesi dimulai dari sebelum prosedur operasi dilaksanakan. Di tahap ini, dokter anestesi bertugas membuat evaluasi sebelum pembiusan, yakni memastikan kondisi pasien layak untuk menjalani operasi.
Selain itu, dokter anestesi juga akan membuat rencana anestesi yang sesuai dengan kondisi pasien. Hal ini termasuk jenis anestesi yang akan digunakan dan metode alat bantu napas yang akan diberikan.
Beberapa hal yang menjadi pertimbangan dokter anestesi sebelum memberikan pembiusan, antara lain:
Dokter anestesi akan memeriksa apakah pasien pernah dioperasi dan apa jenis operasinya, serta apakah pasien memiliki masalah kesehatan, misalnya diabetes atau sakit jantung,. Pasien juga diminta untuk memberi tahu dokter apakah dia atau anggota keluarganya punya alergi terhadap obat bius atau obat-obatan lainnya.
Dokter anestesi akan mempertimbangkan jenis operasi yang akan dilakukan sebelum memberikan pembiusan, misalnya pasien mungkin perlu anestesi umum untuk memastikan kenyamanan dan keamanan selama menjalani operasi besar.
Hasil pemeriksaan medis yang menjadi pertimbangan bagi dokter anestesi termasuk pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti tes darah atau elektrokardiogram (EKG).
Menjelang operasi dimulai, dokter anestesi akan melakukan pembiusan pada pasien, dan memastikan pembiusan bekerja dengan baik.
Ketika operasi berlangsung, peran dokter anestesi masih diperlukan untuk mendampingi pasien selama operasi.
Selama prosedur berjalan, dokter anestesi akan memantau kondisi dan tanda-tanda vital pasien, seperti denyut dan irama jantung, pernapasan, serta tekanan darah. Selain itu, dokter anestesi juga akan mengawasi apakah pasien merasa kesakitan atau tidak.
Setelah operasi selesai, tugas dokter anestesi tidak ikut berhenti sampai di situ. Dokter anestesi masih bertanggung jawab memantau kesadaran dan kondisi pasien selama fase pemulihan.
Ini termasuk memeriksa kondisi pasien pascaoperasi dan kemungkinan adanya komplikasi. Dokter anestesi juga diperlukan untuk merawat nyeri yang muncul setelah operasi hingga pasien merasa nyaman.
Setiap dokter anestesi dilatih untuk menangani pasien di ruang operasi, tetapi tidak sedikit dokter anestesi yang mengambil subspesialisasi, misalnya di bidang perawatan pasien kritis yang membutuhkan perawatan intensif (Intensive Care Unit/ICU).
Ada juga dokter anestesi pediatrik yang menangani manajemen nyeri dan anestesi pada anak-anak, neuroanestesi yang menangani operasi bedah saraf, dan dokter anestesi yang mendalami bidang penanganan nyeri, misalnya nyeri kronik atau nyeri terkait kanker.
Dokter anestesi dibutuhkan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pasien yang menjalani operasi dan prosedur medis lainnya. Dokter anestesi juga turut bertanggung jawab atas keselamatan dan kesehatan pasien, serta pelaksanaan operasi yang sesuai prosedur.
Untuk itu, pasien atau keluarga pasien perlu berkonsultasi dengan dokter anestesi sebelum menjalani operasi.
Dokter spesialis anak (Sp.A), disebut juga dengan pediatris, adalah dokter yang memiliki spesialisasi dalam mendiagnosis dan menangani pasien berusia 0–18 tahun. Umumnya semua penyakit yang terjadi pada anak, baik masalah fisik, perilaku, hingga kesehatan mental, akan dirujuk ke dokter spesialis anak. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan dokter anak juga bekerja sama dengan dokter spesialis lainnya.
Misalnya saat menangani masalah kejiwaan, dokter anak akan bekerja sama dengan psikiatri, atau saat kondisi anak membutuhkan pembedahan, dokter anak akan bekerjasama dengan dokter spesialis bedah anak.
Rumah Sakit Isam Jakarta Cempaka Putih sukses meraih tempat terhormat dalam ajang Persi Award yang diselenggarakan oleh Persi. Dalam ajang ini makalah yang ditampilkan merupakan hasil penelitian dan atau pengembangan yang memiliki nilai inovasi, efektif, dan efisien dan mudah untuk dilaksanakan yang ditujukan untuk kepuasan pelanggan. Perhelatan ini diikuiti diikuti 128 rumah sakit seluruh Indonesia yang mengirimkan 235 makalah dalam tujuh kategori.
Prestasi yang diraih :
"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan" QS Arrahman : 13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75, dan 77
Muhammadiyah Senior Club (MSC) adalah salah satu program unggulan hasil Muktamar Muhammadiyah ke - 47 di Makassar. Diunggulkannya program ini untuk menjawab tantangan dinamisnya kebutuhan umat akan pelayanan yang inovatif dan kreatif dalam memberikan pelayanan yang berkemajuan sebagai ciri gerakan Muhammadiyah dalam menjalankan visi dan misi dakwahnya.
Landasan gerakan Muhammadiyah Senior Club (MSC) sejalan dengan spirit Al-Qur’an surah ke 107 : Al-Ma’un 1-7, yang dikenal sebagai surahnya Muhammadiyah. Hal ini karena Muhammadiyah setiap kali mendirikan amal usaha di bidang pendidikan, kesehatan, pelayanan sosial, selalu dilandaskan pada spirit surah tersebut untuk mengangkat derajat/kualitas kehidupan manusia yang lemah. Namun, Muhammadiyah Senior Club dalam merumuskan gerakannya melakukan tafsir baru terhadap surah tersebut, yaitu : memberikan pelayanan yang berkualitas premium sesuai dengan kebutuhan manusia sebagai individu maupun bagian dari lingkungan sosial pergaulan sehari-hari.
Mindset pelayanan gerakan Muhammadiyah Senior Club (MSC) adalah berjiwa-kan Fastabiqul khairat (berpacu dengan waktu untuk yang terbaik), best of the best, sehingga tidak ada yang terabaikan hak spritualitas, hak humanitas, hak individualitas, para orang tua lanjut usia agar selalu eksis dan produktif di penghujung usia (customer oriented). Dalam terminologi baru gerakan Muhammadiyah dapat disebut sebagai “Al-Ma’un Gaya Baru”. Tafsir ulang aksiologi gerakan Al-Ma’un.
Disamping itu, Muhammadiyah Senior Club (MSC) didirikan, upaya untuk menjawab hasil penelitian Badan Pusat Statistik (2000) usia harapan hidup senior 64,5 tahun. Tahun 2020 berada posisi 71,1 tahun. Data terakhir BPS (2014) usia senior penduduk Indonesia mencapai 20,24 juta jiwa (8,03%). Senior perempuan > senior laki-laki, yaitu 10,77 juta perempuan dan laki-laki sebanyak 9,47 juta. Perdesaan sebanyak 10,87 juta jiwa, Perkotaan sebanyak 9,37 juta jiwa. Demografi wilayah Indonesia yang luas dengan jumlah penduduk yang besar, maka manusia lanjut berpotensi menjadi ledakan bom waktu persoalan sosial-masyarakat dimasa depan.
Muhammadiyah Senior Club, dengan landasan filosofis yang kuat tersebut. Maka konseptor dan motor penggerak yang sesuai adalah usia produktif tingkat pertama (dewasa awal). Anak-anak muda Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang di komandoi oleh Samsul Bahri Nasution S. Psi dengan beberapa tim utama. Dengan demikian, operasional dilapangan pun nantinya akan melibatkan anak-anak muda, yang siap bekerja profesional dan memiliki rasa empati yang tinggi. Memberikan pelayanan terbaik kepada orang tua agar khusnul khotimah diakhir hayat tidak dapat dilepaskan dari semangat Ridhollohu wa Ridhol Walidain.
Dengan motor tersebut, maka beberapa gerakan Muhammadiyah senior Club (MSC) telah terealisasi sejak bulan Maret lalu walaupun belum di Launching secara resmi, dengan membawa lansia melakukan kunjungan ke Senior Living D’Khayangan Cikarang, latihan keterampilan tangan.
Bulan April Muhammadiyah Senior Club terjun lapangan langsung menemui customer melakukan Sharing Session I ditingkat RT/RW Pasar Rebo Jakarta Timur untuk memperbaharui semangat tim, mendapatkan energi baru dari respon lansia dan pemerintah tingkat RT/RW Jakarta tersebut.
Muhammadiyah Senior Club (MSC) di bulan yang sama melakukan layanan holidays bagi warga senior mengunjungi Darmawan Park, Sentul Bogor sebagai upaya untuk mencari bentuk layanan Holidays yang pas diberikan kepada orang tua. Kemudian Muhammadiyah Senior Club melakukan Roadshow Sharing Session I berikutnya ditingkat RT/RW adalah di Rawamangun untuk uji kembali dan mendapatkan respon pembanding tentang ide dan gagasan yang akan diwujudkan.
Tim Muhammadiyah Senior Club (MSC) bersemangatkan dan berbudaya kerja sesuai dengan semboyan “banyak bekerja sedikit bicara, bekerja dulu baru bicara”. Itulah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk merancang bangun layanan MSC, walapun belum dilaunching resmi oleh Ketua Umum Muhammadiyah Bapak Dr. KH. Haedar Nashir M. Si. Kami lakukan sebagai upaya kuat dalam partisipasi mewujudkan terealisasinya program unggulan Muktamar Muhammadiyah ke 47 di Makassar.
Serangkaian kegiatan tersebut menjadi landasan kuat bagi kami untuk memunculkan layanan di dalam Muhammadiyah Senior Club (MSC). Oleh sebab itu, Layanan perdana yang ditawarkan kepada konsumen adalah adalah layanan Konseling Psikologi Lansia, layanan day care Geriatric, layanan karaoke room (belajar Al-Qur’an & musik), layanan keterampilan tangan bahan daur ulang, layanan senam memori lansia. Itulah sedekit layanan awal ditengah banyak muncul ide bentuk dan jenis layanan menarik lainnya ke depan yang potensial dipublikasi seiring menguat dan berkembangnya Muhammadiyah Senior Club. Dimana tutor dan perangkat layanan tersebut telah siap go public.
Program dan layanan Muhammadiyah Senior Club terwujud atas kerjasama beberapa pihak yang terkait langsung dari awal. Suport dan dukungan penuh yang diberikan oleh Pimipinan Majelis Pelayanan Sosial Muhammadiyah sebagai pemegang langsung amanat Muktamar Muhammadiyah ke 47 di Makassar.
Kemudian RSIJ Cempaka Putih sebagai mitra strategis menjadi foundasi awal Prototype Muhammadiyah Senior Club dipublikasi ke konsumen. Dimana sejak awal telah menyatakan komitmen dan dukungan moril dan materiil dari jajaran pimpinan hingga seluruh karyawan yang tergabung di dalamnya.
Selanjutnya LazisMu Memberi Untuk Negeri, yang diperoyeksikan sebagai lembaga donor amal usaha sosial Muhammadiyah terkemuka dalam menjawab tantangan dan persoalan Umat di Internal Muhammadiyah. Yang tidak kalah penting adalah mitra strategis yang telah menyatakan komitmen dan melakukan pertemuan berulang kali dengan Tim Muhammadiyah Senior Club (MSC) yaitu BAZNAS RI. Satu visi dan misi dengan Muhammadiyah dan Muhammadiyah Senior Club dalam menyalurkan dan melayani umat yang membutuhkan kepedulian.
KEMENKES RI telah mengundang Tim Muhammadiyah Senior Club datang untuk presentasi program. Sebagai kementerian RI yang menaungi dan bersentuhan langsung dengan permasalahan kesehatan usia lanjut. Objek kerja layanan Muhammadiyah Senior Club. Semoga pertemuan terwujud setelah launching ini.
Pemprov. DKI Jakarta (2017-2022) telah menyatakan komitmen dan kerjasama bersama Muhammadiyah Senior Club (MSC) pada tingkat paling bawah RT/RW di Pasar Rebo dan Rawamangun. Tentu, kerjasama ini kami akan tindaklanjuti hingga pada tingkat provinsi sebagai sebuah gerakan pelayanan yang muncul dari kesadaran yang mengakar.
SELURUH komponen bangsa tim MSC mengundang dengan tangan terbuka kerjasama seluas-luasnya demi memberikan layanan terbaik orang tua yang telah berjasa membesarkan kami dan anak-anak bangsa yang hebat dan profesional. Komponen itu adalah lembaga/ yayasan, perusahaan/Corporation, NGO dalam dan luar negeri, dan lembaga sejenis peduli lainnya.
Ada enam bentuk layanan perdana Muhammadiyah Senior Club (MSC); Layanan Konseling Psikologi Lansia, Layanan Day Care Geriatric, Layanan Karaoke Room (belajar Al-Qur’an & musik), Layanan Keterampilan tangan bahan daur ulang, Layanan senam memori lansia, Senior traveling (gathering/outdoor). Berikut penjelasannya:
1. Layanan Konseling Lansia
Ruangan konseling, ruangan yang di desain khusus aktivitas konsultasi pribadi untuk menstimulasi keterbukaan konselee. berfungsi sebagai tempat para senior berbagi cerita secara spesifik (privacy), menceritakan keluhan-keluhan secara personal dalam fase pribadinya.sebagai langkah awal dalam asesment kebutuhan-kebutuhan pelayanan untuk menciptakan kehidupan yang nyaman dan bahagia bagi warga Senior Indonesia.
2.Day Care Geriatric
Layanan yang disediakan bagi lansia yang membutuhkan layanan harian rutin day to day. Pemeriksaan kesehatan rutin secara komprehensif pendekatan medis, psikologis, dan lingkungan sosial. Dengan demikian, orang tua tetap sehat dan sejahtera ditengah kesibukan anak dan cucu beraktivitas sehari-hari.
3.Layanan Room Karaoke (Belajar Al-Qur’an & Musik)
Layanan yang menjawab khusus warga senior yang membutuhkan ruang berekpresi terbatas, melepaskan emosi negatif, pengajian/ spiritualitas, fungsi memaksimalkan latihan kejelian pendengaran dan penglihatan. Belajar mengaji dan mengkaji kitab Al-Qur’an dengan cara yang unik dan menarik.
4.Layanan Keterampilan Tangan Daur Ulang
Layanan yang mewadahi kebutuhan senior akan menikmati kehidupan secara personal, khusus yang memiliki bakat atau minat dalam keterampilan tangan. Bertujuan untuk selalu aktivasi motorik, mental, memori, melalui karya-karya sederhana agar tidak mengalami penurunan fungsi yang derastis.
5.Layanan Senam Memori Lansia
Layanan yang di design khusus untuk menjawab dan menangani penurunan fungsi mental lanjut usia. Usia lanjut sangat rentan dengan penurunan ingatan yang derastis, maka dengan adanya senam memori tersebut agar tidak berdampak kepada fungsi kehidupan lain lansia.
6.Layanan Senior Traveling
Layanan yang menawarkan kebutuhan akan suasana baru, berwisata, traveling, mengenalkan perkembangan dan keajaiban, untuk mendorong senior menyadari dapat menikmati kehidupan masa kini layaknya dimasa muda.
Adapun kategori penerima layanan Muhammadiyah Senior Club (MSC) adalah :
Muhammadiyah Senior Club terbuka Untuk Umum, sebagai komitmen awal telah kami tunjukkan melalui basis komunitas kami tingkat RT/RW telah terbangun di Pasar Rebo, Rawamangun. Tanpa bermaksud meninggalkan basis real di Muhammadiyah mulai tingkat ranting sampai pusat seluruh Indonesia.
Fastabiqul Khairat.
Jakarta, 16 Syawal 1438 H /10 Juli 2017
Samsul Bahri Nasution S. Psi (Direktur)
© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih
Admin
Keluhan, Kritik dan Saran
Keluhan, Kritik dan Saran (Senin-Jum'at: 08.00-16.00 WIB) Diluar jam mohon maaf bila lambat merespon..
07:00Informasi
Medical Check Up
Info dan Pendaftaran Medical Check Up.
07:00Pendaftaran Rawat Jalan
Khusus Pasien BPJS
Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Khusus Pasien BPJS (booking maksimal H-1. Baca syarat dan ketentuan.
07:00Pendaftaran Rawat Jalan
Pribadi, Asuransi, dan Perusahaan
Pasien Rawat Jalan dengan Jaminan Pribadi, Asuransi, dan Perusahaan.
07:00