Persaingan kualitas layanan antar Rumah Sakit untuk saat ini sudah tidak terelakkan lagi. Rumah Sakit apapun akan berhadapan dengan kenyataan sengitnya persaingan tersebut. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih juga tidak bisa menghindari dari persaingan tersebut. Banyaknya Rumah Sakit yang didukung dengan modal yang besar hadir dengan menampilkan fasilitas gedung, alat kesehatan dan fasilitas penunjang medis yang luar biasa disertai dengan bentuk layanan lain yang benar – benar memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggannya. Berbagai Rumah Sakit tersebut dengan terang – terangan mengusung semangat “bisnis” dalam bidang kesehatan.
Bagaimana seharusnya RSIJCP mengembangkan dirinya dalam menghadapi persaingan tersebut ? Dengan menyadari berbagai kelemahan dan kelebihan yang dimiliki, maka RSIJCP harus memilih apakah akan berubah menjadi RS “bisnis” atau tetap menjadi RS agama dan sosial plus. Jika RSIJCP mengambil pilihan yang kedua, maka RSIJCP harus mampu memberikan layanan yang terbaik, unik dan memiliki differensiasi dengan layanan kesehatan yang dimiliki oleh RS lain.
Peningkatan manajemen dan kualitas layanan merupakan salah satu strategi utama dari sembilan strategi yang tercantum dalam Renstra RSIJCP tahun 2007 – 2011. Oleh karena itu itu manajemen layanan RSIJCP harus dirumuskan dan diarahkan pada terbangunnya Manhaj Layanan Rumah Sakit yang Islami sekaligus menjadi pembeda / memiliki differensiasi yang nyata atau unik serta dirasakan kekhasannya oleh siapapun yang berkunjung dan dirawat di RSIJCP. Layanan yang islami (profesional islami) inilah yang harus terus diupayakan untuk memperoleh bentuk nyata di lapangan agar keluhan seperti “ Rumah Sakit Islam ternyata hanya namanya saja yang Islam” dapat dikurangi.
Layanan islami (Manhaj Layanan Terpadu Islami) harus benar – benar menjadi ruh, akhlak dan energi positif badi semua bagian / unit kerja yang ada di RSIJCP, karena sebenarnya masyarakat tidak mau dengan adanya sertifikat akreditasi 16 pelayanan dan ISO 9001 : 2000 yang telah dimiliki RSIJCP Cuma menjadi pajangan, namun yang mereka inginkan adalah bukti layanan yang memuaskan seperti yang mereka inginkan.
II. KONSEP MANAJEMEN / MANHAJ LAYANAN TERPADU ISLAMI
Secara skematis konsep Manajemen / Manhaj Layanan Terpadu Islami ini dapat digambarkan sebagai berikut ini :
Manhaj Layanan Terpadu merupakan salah satu strategi program dari sembilan strategi program dalam renstra RSIJCP. Konsep ini dikembangkan guna memberikan nuansa layanan yang spesifik di RSIJCP yang membedakannya dengan Rs lainnya sehingga pasien merasakan kenyamanan dan kepuasan khas RSIJCP.
Manhaj layanan terpadu islami merupakan sutu konsep layanan yang menyeluruh dari berbagai aspek layanan baik SDM, Metode, Sarana prasarana serta lingkunan yang diberikan kepada pelanggan dengan ciri khas tergambarnya dan dirasakannya nuansa islam dalam setiap layanan tersebut dari mulai pelanggan mengijakkan kakinya di area parker RSIJCP sampai pasien meninggalkan RSIJCP. Dan setiap tahapan pelayanan kepada pelanggan tidak boleh ada satu jengkalpun yang tidak tersentuh oleh layanan yang islami. Layanan terpadu islami diharapkan akan menjadi sesuatu yang “ngangeni”.
Adapun maksud dan tujuan dari Manhaj Layanan Terpadu Islami seperti yang tertera dalam bagan diatas :
Dalam mencapai maksud dan tujuan di atas maka juga harus sinergi dengan strategi program lainnya seperti :
Selain itu ada beberapa factor pendukung dan memiliki banyak potensi, perangkat dan sumber daya yang merupakan cikal bakal untuk mewujudkan konsep ini antara lain :
III. PERSIAPAN PENYUSUNAN RUMUSAN MANHAJ LAYANAN TERPADU ISLAMI (MELATI) DAN PEMBENTUKAN TEAM MELATI.
Langkah yang dilakukan :
IV. IMPLEMENTASI KONSEP MANHAJ LAYANAN TERPADU ISLAMI
1. Seluruh petugas memahami hakekat (nilai esensi) dari pekerjaannya
Setiap petugas RSIJCP harus melayani tamu dan pengunjung yang datang ke RSIJCP dengan penuh keramahan dan kasih sayang karena semuanya dilakukan sebagai ibadah dan mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT. Para pengunjung RSIJCP adalah tamu sekaligus “utusan Allah” yang dikrimkan oleh Allah SWT kepada RSIJCP agar RSIJCP dan selurih karyawannya memperoleh rezki dan baokah dari Allah SWT. Oleh karena itu haram hukumnya bila sampai ada tindakan dan sikap karyawan RSIJCP yang menyakiti dan mengabaikan pasien dan pengunjung lainnya.
2. Seluruh petugas mengerti nilai-nilai kunci (nilai prinsip) yang menjadi ruh/energi inti pekerjaannya.
Seluruh petugas RSIJCP dalam bekerja melayani pasien dan pengunjung telah dibekali dengan nilai – nilai prinsip dalam melakukan tugas pelayanan sesuai dengan nilai – nilai utama yang ada dalam akhlak islam, kode etik dan etika profesi masing – masing serta nilai – nilai kunci yang terkandung dalam materi Bai’at yang diucapkan setiap pegawai RSIJCP ketika diangkat menjadi pegawai tetap.
3. Seluruh petugas mengetahui prilaku yang harus dilakukan dan yang harus dihindari (Nilai operasional).
Nilai – nilai operasinal yang ada dalam Manhaj Layanan Terpadu perlu dirumuskan dengan mengacu kepada aturan dan prosedur operasional yang selama ini sudah ada disempurnakan dengan mempertimbangkan berbagai kasus dan keluhan yang sering muncul serta merubah setiap layanan, atribut, suasana yang kurang islami menjadi lebih islami.
4. Service excelence dari hulu hingga hilir, dari masuk lingkungan RSIJCP hingga pulang meninggalkan RSIJCP.
V. PENUTUP
Konsep “ Manhaj Layanan Terpadu Islami” akan menemukan bentuk kongkretnya pada budaya kerja organisasi (RSIJCP) dan pada kualitas pelayanan yang diberikan seluruh unsure sumber daya manusia RSIJCP kepada pasien, keluarganya dan pengunjung lainnya. RSIJCP sebagai Amal Usaha Muhammadiyah dibidang kesehatan harus terus dijaga agar pelayanan kesehatan yang diberikan kepada umat/masyarakat tetap sebagai "perwujudan" dakwah Islam, Amar Ma'ruf Nahi Munkar. Manhaj Layanan Terpadu Islami juga merupakan upaya konkrit untuk mewujudkan kehidupan Islami di seluruh lini amal uaaha Muhammadiyah sesuai paham islam dalam Muhammadiyah, sehingga terwujud layanan khas RSIJCP yang islami, unik dan “ngangeni”
© 2018-2024. Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih
Admin
Keluhan, Kritik dan Saran
Sorry, I'm offline at the moment. I'll be back online in the next 10 hours 36 minutes
20:00Informasi
Medical Check Up
Sorry, I'm offline at the moment. I'll be back online in the next 10 hours 36 minutes
20:00Pendaftaran Rawat Jalan
Khusus Pasien BPJS
Sorry, I'm offline at the moment. I'll be back online in the next 10 hours 36 minutes
20:00Pendaftaran Rawat Jalan
Pribadi, Asuransi, dan Perusahaan
Sorry, I'm offline at the moment. I'll be back online in the next 10 hours 36 minutes
20:00